Monday, October 16, 2006

10 malam terakhir


Tawaran hebat semakin meningkat di malam malam akhir Ramadhan. Berapa bayaran yang kita perlu sediakan untuk merebut tawaran istimewa ini?

Hanya melapangkan sekeping hati ikhlas kepada Yang Maha Esa...
Kasih sayang Allah terlalu luas untuk hamba hambaNya. Melimpah limpah ganjaran diberikan kepada setiap amalan. Andainya dapat dilihat ganjaran yang melimpah ruah itu, sudah pasti setiap manusia akan berkejaran datang bersujud sepanjang malam.

Menurut riwayat Imam Muslim dijelaskan bahwa Nabi saw. jika memasuki sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan beliau meningkatkan kegiatannya, menghidupkan malamnya dengan mengurangi tidur dan membangunkan keluarganya. Malah beliau menyunatkan untuk berkitikaf di masjid selama sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan.

Nabi saw. bersabda, "Apabila datang Lailatul qadar, Malaikat Jibril bersama malaikat lainnya turun ke bumi mendoakan kepada setiap hamba yang berzikir dan berdoa kepada Allah, Allah menyatakan kepada para malaikat bahwa Allah akan memenuhi doanya. Allah berfirman, "Pulanglah kamu sekalian, Aku telah mengampuni dosa kalian dan Aku telah mengganti kejelekan dengan kebaikan". Maka mereka pulang dan telah mendapatkan ampunan-Nya. (H.R. Al-Baihaqi dari Anas bin Malik)

No comments: